SMAS Islam PB Soedirman 2 Bekasi Bangga, Naila Musta'inah Khairunnisa diterima di UNAIR sebagai Mahasiswa Termuda dengan Skor UTBK 676



Bekasi, 6 Juli 2024 - Kabar membanggakan datang dari SMAS Islam PB Soedirman 2 Bekasi. Salah satu siswanya, Naila Musta'inah Khairunnisa, berhasil diterima di Universitas Airlangga (Unair) melalui jalur SNBT 2024. Prestasi ini menjadikannya sebagai salah satu mahasiswa termuda di Unair, dengan usia 16 tahun 9 bulan.

Naila diterima di program studi Psikologi, dengan skor UTBK 676. Ia mengaku sangat bersyukur atas pencapaiannya ini dan tidak menyangka akan lolos di Unair, salah satu perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia.

"Saya sangat bersyukur bisa diterima di Unair. Ini merupakan mimpi saya sejak lama, dan di SMAS Islam PB Soedirman 2 Bekasi juga ada penambahan materi dari sekolah dan itu sangat membantu karena guru-guru sering membahas soal UTBK dan hal tersebut membuat saya terbiasa dalam mengerjakan soal-soal latihan UTBK, ditambah lagi dengan adanya Try Out yang diadakan sekolah juga sangat membantu saya untuk mengukur sejauh mana kemampuan saya mengerjakan soal UTBK " ujar Naila.

 “Ini dream comes true for me karena UNAIR memang dream campusku, dan psikologi juga dream major aku. Jadi aku seneng banget kak, dan masih suka recheck laman pengumuman SNBT, karena  it feels surreal sampai pengumuman bayar UKT,” Naila menambahkan.

Tips dan Trik Naila meraih Mimpi dan Cita-cita

Pantang Menyerah 

Belum berhasil mendapatkan kampus impiannya melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) tidak membuat Naila berkecil hati. Fokus belajar untuk UTBK, lanjut Naila, merupakan langkah yang ia tempuh pasca gagal dalam SNBP. Strategi Naila adalah dengan bedah soal secara detail, serta memprediksi soal soal yang akan keluar di UTBK.

“Aku memutuskan untuk fokus nyiapin SNBT dari awal kelas 12, di awal, aku cuma belajar subtest PU dan PK (Penalaran umum dan Pengetahuan Kuantitatif, red). Selain itu, aku juga tetap berusaha untuk belajar dan meningkatkan nilai di subtest lainnya,” ungkapnya.

Selain itu, Naila menyatakan bahwa ia merupakan salah satu siswa yang memilih untuk lintas jurusan. Hal ini menjadikannya lebih fokus lagi dalam usahanya meraih mimpi. Menurutnya, belajar bisa dilakukan dimana saja dan dari mana saja. 

“Menurutku, belajar bisa dari mana aja, meski aku sudah banyak dapat materi dan latihan soal dari pendalaman materi (PM), aku juga latihan mandiri mempelajari dan memahami setiap soal yang diberikan guru di sekolah. Tujuannya supaya semakin terbiasa dengan pola soal dari tiap platform yang berbeda,” jelasnya.

Motivasi Guru

Bapak Ibu Guru SMAS ISLAM PB Soedirman 2 Bekasi setiap saat setiap waktu selalu memberikan motivasi semangat belajar semangat meraih mimpi, "Ayo Nak Ayo... kamu bisa..." Naila menirukan salah satu guru yang selalu memotivasinya hingga sampai titik ini.

Teman yang baik dan seperjuangan

Naila dikenal humble di sekolah, asyik diajak untuk berdiskusi tentang suatu hal. Teman-teman kelas 12 pun yang merupakan teman seperjuangan Naila senantiasa saling memotivasi dan memberi informati terkait info terkini Pendaftaran masuk PTN, jadwal tes dan lain lain. Suasana itu membuat Naila semakin bersemangat untuk meraih mimpi dan cita.

Titik Balik

Melalui proses belajar dan perjuangannya meraih kampus impiannya, Naila mengaku banyak hal yang menjadi titik balik untuknya. “Aku ngerasa masa-masa mempersiapkan SNBT ini banyak merubah hidupku. Dari yang awalnya kurang sehat, aku jadi memiliki pola hidup yang lebih sehat. Tidur tepat waktu, tidak begadang dan bangun lebih pagi. Nggak banyak males-malesan dan waktu main handphone berkurang drastis dari yang awalnya belasan jam per hari, jadi paling lama tujuh jam per harinya,” terang calon mahasiswa baru Fakultas Psikologi UNAIR itu.

Disamping itu, banyak hal positif lain yang ia dapatkan setelah mempersiapkan SNBT. Naila mengatakan bahwa ia mendapatkan kesuksesan tidak lepas dari kerja keras dan kegigihannya selama belajar di SMAS Islam PB Soedirman 2 Bekasi

"Naila adalah murid yang cerdas dan rajin. Dia selalu aktif di kelas dan mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler," kata salah satu guru Naila di SMAS Islam PB Soedirman 2 Bekasi.

Sekolah ini berkomitmen untuk terus memberikan pendidikan terbaik bagi para siswanya, agar mereka dapat meraih cita-cita mereka.

PPDB SMAS Islam PB Soedirman 2 Bekasi selengkapnya klik disini

Bagikan :