Selamat datang di SMA Islam PB Soedirman 2 Bekasi
Guru SMA Islam PB Soedirman 2 Bekasi

BE DIFFERENT

 

Bismillaah…,

 

BE DIFFERENT, YOU’LL BE FAMOUS

Oleh : Nur Alam (Ketua Majelis DikDasMen Yasma PB Soedirman)

 

Dalam tradisi pesantren ada sebuah kalimat bijak yang agak menggelitik, berbunyi “Khalif tu’raf”, artinya “Buatlah sensasi, pasti kamu terkenal” (Be different, you’ll be famous).

 

Kalimat yang ‘menggelitik’ itu kemudian menjadi judul sebuah buku, yang ditulis Ashof Murtadho (2007). Dalam pribahasa Arab yang lain, “Bul zamzam fatu’raf,” (kencingi sumur zam-zam, pasti kamu terkenal).

 

Dan memang terbukti hari ini, siapapun yang suka membuat sensasi, heboh, agak nyeleneh, kontroversi dan sejenisnya, pasti cepat terkenal dan lebih marketable ketimbang mereka yang lurus-lurus saja dalam dalam hidupnya.

 

Untuk menjadi orang top, populer dan terkenal, baik untuk posisi sosial di masyarakat, jabatan pemerintah, kepala daerah, pimpinan partai, organisasi atau komunitas lainnya, maka harus punya ‘nyali’ untuk tampil beda. Beda dalam hal apapun, pokoknya tampil beda dari apa yang sudah ada pada umumnya.

 

Alih-alih mendapatkan apresiasi, beberapa tahun silam dalam helatan memperingati Isra dan Mi’raj di Istana Negara, Jakarta, ada seorang qari’ membacakan Ayat-ayat Suci Al-Qur’an dengan langgam Jawa, akhirnya datang berbagai kritikan, cemoohan sampai hujatan dari umat Islam, karena sangat tidak etis

(QS. 25:30 dan 73:4).

 

Kekinian, obsesi untuk menjadi orang top, populer dan terkenal bisa menghabiskan ratusan, miliaran bahkan triliunan rupiah. Tapi mereka tidak ambil pusing seberapapun nominal yang dikeluarkan koceknya, yang penting bisa tampil terkenal.

 

Namun, sesungguhnya sosok, tokoh, figur, atau lembaga yang populer, terkenal dan kesohor tersebut, yang dihasilkan dari cara kontroversi nyeleneh adalah sesuatu yang semu dan hanya sementara, easy coming and easy going (QS. 16:96).

 

Kita tetap ta’dhim pada sosok seorang Gus Dur yang kontroversial. Karena pergulatan spiritual dan intelektual dalam dirinya yang tidak bisa dihentikan. Pikirannya terus mengalir dan menjelajah setiap ruang dan waktu dalam kadar yang sangat dinamis, sejalan dengan gerak kehidupan umat manusia. Tidaklah mengherankan banyak orang menyebut pikiran dan gagasannya melampaui zamannya.  

 

Memang berbeda dalam kehidupan ini merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari. Di mana pun, urusan apa pun dan sampai kapan pun perbedaan akan muncul ke permukaan. Karena perbedaan merupakan sebuah rahmat dan sunnatullah yang harus disikapi dengan penuh syukur, bijak dan arif, sepanjang bukan dalam hal yang prinsip (QS. 3:159).

 

Maka, dengan rahmat Allah tersebut, kita harus mampu mengelola hidup yang sesaat ini untuk hidup yang paling mulia di hadapan Allah bukan manusia, yaitu hidup bukan untuk hidup, tapi hidup untuk Yang Maha Hidup. Hidup bukan untuk mati, tapi mati itulah yang menjadi awal untuk hidup kekal di surga-Nya (QS. 28:77, 87:17 dan 93:4).

 

Simpulan

 

Banyak manusia yang terkenal di dunia, namun tidak dikenal sebagai hamba Allah di langit.

 

Banyak orang shalih yang tersembunyi dari publik, tidak pernah terkenal di mata manusia, namun sangat mulia di hadapan Allah.

 

والله اعلم بالصواب وفاستبقواالخيرات…

-----------------------------------------------------------

Kranggan Permai, Jum’at Penuh Berkah, 19 Syawwal 1443 H./20 Mei 2022 M., Pukul 05.11 WIB.

 

Bagikan :

Komentar

Tambah Komentar (0)

Batal

Balas Komentar

Komentar Berhasil diterbitkan
Komentar tidak dapat diterbitkan Silakan coba lagi..!
Alamat email yang anda masukkan salah..!
Alamat web yang anda masukkan salah..!
Kode Captcha yang anda masukkan salah...!
Bidang tidak boleh ada yang kosong....!

File Download
Youtube
Artikel Terbaru
Polling