• (021)-88875365

  • info@smaipbsoedirman2bekasi.sch.id

  • PPDB ONLINE

Selamat datang di SMA Islam PB Soedirman 2 Bekasi
Guru SMA Islam PB Soedirman 2 Bekasi

Guru Tuber Milenial

 

PELATIHAN GURU DIGITAL

“Menjadi Guru Tuber Milenial”

 

SMA Islam PB Soedirman 2 Bekasi kembali menyelenggarakan Pelatihan Guru Digital online yang tertajuk “Menjadi Guru Tuber Milenial” yang berlangsung selama empat hari dalam rangka menuju guru Go Digital. Kegiatan pelatihan ini dimulai dari 12 – 15 Maret 2021 pada pukul 14.00 WIB dan dilaksanakan secara gratis untuk guru dari berbagai jenjang pendidikan. Rangkaian kegiatan Pelatihan Guru Digital ini dilaksanakan dengan menggunakan berbagai platform seperti, Microsoft Teams, Google Classroom, dan ditayangkan secara Live dan Premiere di Youtube Pangsoed 2 Bekasi, Anas Ponijan, #Bisa Karna Biasa, Jus Jus Tve.

Rangkaian acara yang pertama dilaksanakan pada Jumat, 12 Maret 2021 yaitu briefing dengan peserta melalui Microsoft Teams dan disiarkan secara langsung di Youtube Pangsoed 2 Bekasi. Acara ini dipandu oleh Ina Putri Wulandari, S. Pd. dan dihadiri oleh peserta Pelatihan Guru Digital. Hari Kedua dilaksanakan pada Sabtu, 13 Maret 2021 yaitu pembukaan yang dihadiri oleh Ketua Majelis Disdakmen Yayasan Masjid Panglima Besar Soedirman Cijantung, Bapak H. Nur Alam, M. A. dan Kepala SMA Islam PB Soedirman 2 Bekasi, Bapak H. Ponijan, M. Pd. sekaligus sebagai Trainer Guru Inovatif, serta disaksikan oleh peserta secara Live di Channel Youtube Anas Ponijan.

Peserta yang mendaftar kegiatan Pelatihan Guru Digital ini berjumlah 374 peserta dari berbagai jenjang dan dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Bali, NTB, NTT dan lain sebagainya. Acara pembukaan ini juga diisi dengan motivasi yang diberikan oleh Trainer Guru Inovatif Indonesia, Bapak H. Ponijan, M. Pd.

 

 

Gambar 1: Flyer pelatihan guru digital

 

Rangkaian acara berikutnya berlangsung secara asinkron melalui Google Classroom. Peserta dibagi menjadi 5 kelas dengan pembimbing di masing-masing kelas yaitu kelas A dengan pembimbing Wahyu Indriyadi, S. T., kelas B dengan pembimbing Febri Antono, S. Pd., kelas C dengan pembimbing Muhammad Hatta, S. Pd., kelas D dengan pembimbing Ina Putri Wulandari, S. Pd. dan di kelas E dengan pembimbing Seni Destiani, M. Pd.

Adapun materi-meteri disampaikan melalui Youtube secara Premiere dengan Penugasan melalui Google Classroom. Materi disampaikan pada Sabtu – Senin, 13 – 15 Maret 2021 diantaranya yaitu aktivasi akun Youtube, rekam layar, editing video, publish video, membuat dashboard Youtube, dan membaca hasil analisis. Selain itu, ada juga pendampingan yang dilaksanakan pada Senin, 15 Maret 2021 pukul 14.00 WIB.

Alhamdulillah rangkaian kegitan tersebut disambut dengan sangat antusias oleh para peserta, walaupun ada beberapa peserta mengundurkan diri dikarenakan beberapa kendala seperti keterbatasan waktu dan keterbatasan gawai. Kami yakin seluruh peserta sesungguhnya mampu untuk mengikuti rangkaian kegiatan ini dengan baik terbukti dengan selalu ramainya grup Whatsapp dan Chat pada Classroom yang tak pernah sepi dengan diskusi.

Seluruh penugasan dapat diselesaikan dengan baik oleh peserta. Proses penilaian pun dilakukan dengan objektif terhadap tugas-tugas yang diberikan pada peserta. Pengumuman peserta yang lulus pada Pelatihan ini diumumkan pada hari Kamis, 18 Maret 2021.

Kegiatan Penutupan “Wisuda Guru Tuber Milenial” Berlangsung dengan meriah yang diisi dengan Prosesi Wisuda dengan dibacakan ikrar “Guru Tuber Milenial” dan pengumuman peserta dengan subsciber terbanyak bagi youtuber pemula, peserta dengan konten terbaik, dan peserta dengan nilai terbaik di masing-masing kelas. Setelahnya, diramaikan pula dengan twibbon dan testimoni peserta dalam mengikuti pelatihan ini. (link acara wisuda “Guru Tuber Milenial”: https://www.youtube.com/watch?v=tUrQ5xIdQCE&t=819s)

Dengan demikian, selesai sudah rangkaian kegiatan Pelatihan Guru Digital “Menjadi Guru Tuber Milenial” Semoga memberikan manfaat bagi guru-guru Indonesia yang senantiasa ingin meng-upgrade diri untuk kepentingan pendidikan dan masa depan bangsa Indonesia. (red:ms.seni/sun:ms.ina)

Maju Bersama Hebat Semua

 

Kegiatan ini disponsori oleh:

Yayasan Masjid Panglima Besar Soedirman

SMA ISLAM PB Soedirman 2 Bekasi

 

Didukung oleh:

Channel Anas Ponijan: https://www.youtube.com/channel/UCEa3i1py_GzoA9_qgmPkfEw

Channel Jus Jus TVe: https://www.youtube.com/channel/UCR15H4qKpTOV9DpXvAncGlw

Channel BKB: https://www.youtube.com/channel/UCe0Q7qMaQAHKULLHw2X9UKw

 

 

Bagikan :

Komentar

Tambah Komentar (0)

Batal

Balas Komentar

Komentar Berhasil diterbitkan
Komentar tidak dapat diterbitkan Silakan coba lagi..!
Alamat email yang anda masukkan salah..!
Alamat web yang anda masukkan salah..!
Kode Captcha yang anda masukkan salah...!
Bidang tidak boleh ada yang kosong....!

File Download
Youtube
Artikel Terbaru
Polling