• (021)-88875365

  • info@smaipbsoedirman2bekasi.sch.id

  • PPDB ONLINE

Selamat datang di SMA Islam PB Soedirman 2 Bekasi
Guru SMA Islam PB Soedirman 2 Bekasi

KEMENDIKBUD MENUNDA ASESMEN NASIONAL TAHUN 2021

 

KEMENDIKBUD  MENUNDA  ASESMEN  NASIONAL  TAHUN  2021

 

            Asesmen Nasional (AN) sebelumnya sudah disosialisasikan secara masif ke seluruh satuan pendidikan dari bulan November sampai Desember 2020. Adapun Rencana semula AN akan dilaksanakan mulai Maret 2021 pekan pertama untuk tingkat SMA, pekan kedua untuk tingkat SMK, pekan ketiga untuk SMP, pekan keempat untuk Paket C, dan Agustus untuk tingkat SD. Kemudian oleh Kemendikbud ditunda pelaksanaannya menjadi September – Oktober 2021.

Penundaan pelaksanaan Asesmen Nasional ini disampaikan oleh Mendikbud, Nadim Anwar Makarim dalam acara Rapat Gelar Pendapat (RDP) dengan DPR pada Rabu, 20 Januari 2021. Penundaan ini dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang semakin meningkat di bulan Januari ini sehingga dikawatirkan akan memengaruhi proses persiapan Asesmen Nasional. Demi mendapatkan hasil yang lebih baik dan valid serta menutamakan kesehatan masyarakat khususnya peserta didik, maka penundaan AN menjadi pilihan terbaik yang tidak bisa dihindari. 

            Satuan Pendidikan telah melakukan Simulasi Asesmen Nasional yang terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Pelaksanaan simulasi di SMA Islam PB Soedirman 2 Bekasi terpantau peserta didik yang menjadi sampel sebanyak 45 responden dan mengikuti kegiatan simulasi dengan serius terutama saat mengerjakan instrumen AKM untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi.

            Berkaitan dengan adanya penundaan ini, pemerintah tentunya memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan seluruh teknis terkait dengan Asesmen Nasional, sementara bagi satuan pendidikan khususnya peserta didik tentu juga dapat mempersiapkan secara mental dan materi belajarnya. Kita pun mengetahui selama satu tahun terakhir ini telah melakukan pembelajaran daring/online yang dapat mengakibatkan defisit kompetensi peserta didik saat ini. Semoga pandemi ini segera berakhir sehingga kita dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dan penilaian seperti sedia kala sesuai dengan kebutuhan pendidikan. (Red: Anas Ponijan)

 

 

Bagikan :

Komentar

Tambah Komentar (0)

Batal

Balas Komentar

Komentar Berhasil diterbitkan
Komentar tidak dapat diterbitkan Silakan coba lagi..!
Alamat email yang anda masukkan salah..!
Alamat web yang anda masukkan salah..!
Kode Captcha yang anda masukkan salah...!
Bidang tidak boleh ada yang kosong....!