• (021)-88875365

  • info@smaipbsoedirman2bekasi.sch.id

  • PPDB ONLINE

Selamat datang di SMA Islam PB Soedirman 2 Bekasi
Guru SMA Islam PB Soedirman 2 Bekasi

Pesantren Ramadhan Virtual 1442 H

 

Pesantren Ramadhan Virtual 1442 H
My Journey Ramadhan With Al-Qur’an

 

Alhamdulillah SMA Islam PB Soedirman 2 Bekasi telah selesai menyelenggarakan Pesantren Kilat (Sanlat) Ramadhan 1442 H/ 2021 M melalui aplikasi Microsoft Teams dan Live Streaming You Tube untuk siswa-siswi kelas X dan XI. Di tengah Pandemi Covid-19 dan bulan suci Ramadhan masuk ke sepuluh hari yang pertama, tidak menghalangi para siswa untuk terus semangat meningkatkan pengetahuan dan keilmuan dengan mengikuti pembelajaran dalam kegiatan pesantren kilat ramadhan tahun ini.

Acara kegiatan sanlat virtual ini berlangsung selama tiga hari, yaitu dimulai sejak hari Senin, 19 April 2021 sampai dengan Rabu, 21 April 2021. Namun beberapa hari sebelumnya kegiatan Sanlat Ramadhan virtual ini sudah dibuka terlebih dahulu secara umum oleh Ketua Majelis Dikdasmen Yasma PB Soedirman bapak Drs. H. Nur Alam, MA dalam acara Pembukaan Pesantren Ramadhan yang diikuti oleh beberapa sekolah di lingkungan Yasma PB Soedirman.

“Semoga kehadiran kita, kedatangan kita, pulsa yang kita gunakan, paket data yang kita gunakan untuk mengikuti Rangkaian kegiatan sanlat Ramadhan ini, Allah ganti dengan berbagai kebaikan dan pahala, semoga Allah jadikan pemberat amal kebajikan di Yaumil hisab kelak. Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalaamin.” tutur kepala SMA Islam PB Soedirman 2 Bekasi saat membukan acara Pesantren Ramadhan virtual, senin 19 April 2021.

Dengan mengusung tema “My Journey Ramadhan with Al-Qur’an” kegiatan sanlat tahun ini bertujuan untuk meningkatkan cinta dan semangat para siswa untuk terus dan lebih mencintai Al-Quran, terutama agar bertambah rajin lagi bertadarus terlebih saat bulan suci ramadhan.

Program Sanlat Ramadhan virtual dikemas dengan menarik, seru, dan keren. Ada beberapa kegiatan yang telah diramu menyesuaikan kondisi, namun tidak menghilangkan keceriaan pesantren ramadhan yang biasa diadakan. Kegiatan sanlat ini selain diisi oleh pemateri yang kompeten di bidangnya, juga diisi dengan Khotmul Quran dan lomba-lomba seperti tilawatil Qur’an dan Dai/daiyah.

Hari pertama diisi dengan Ta’lim Virtual yang disampaikan oleh Ust. H. Muhammad Ihsan, S.S. Dalam tausyiahnya beliau memberikan tips agar kita lebih semangat dan kembali jatuh cinta lagi dengan Al-Quran sehingga kita tambah rajin membacanya. Pertama, Berniat untuk membaca Al-Quran. Kedua, Berdoa. Memohon taufiq (kekuatan, kesabaran, keikhlasan) saat membaca Al-Quran. Ketiga, Mencari lebih dalam lagi apa saja kemuliaan-kemuliaan dari Al-Quran, sehingga dengan demikian kita termotivasi untuk lebih cinta dan semangat membaca Al-Quran. Keempat, berteman dengan orang -orang yang rajin membaca Al-Quran. Kelima, meminta motivasi, support dari para guru. Dan terakhir, rajin mendengarkan murattal, tilawah melalui MP3 atau lainnya. Kegiatan hari pertama ini dapat disaksikan melalui chanel You Tube Pangsoed 2 Bekasi dengan link : https://www.youtube.com/watch?v=pC_XN3TKGHY).

Sedangkan hari kedua, kegiatan sanlat diisi dengan khotmul Quran bersama, baik para siswa, guru maupun karyawan dengan masing-masing membaca Al-Qur’an sebanyak 1 Juz. Pada kegiatan hari kedua ini kami bisa menyelesaikan 8x khataman Qur’an. Dan hari ketiga, kegiatan sanlat diisi dengan perlombaan (Lomba Dai/daiyah dan Tilawatil Qur’an) dari perwakilan tiap kelas. Alhamdulillah, kegiatan perlombaan ini disambut antusias oleh para siswa, banyak siswa-siswi yang tertarik mengikutinya sehingga dewan juripun kesulitan menentukan pemenang untuk setiap jenis perlombaan. Kegiatan hari ketiga ini pun dapat disaksikan melalui Chanel you Tube Pangsoed 2 Bekasi dengan link : https://www.youtube.com/watch?v=22k8Xf1F2xU.

Akhirnya, tak ada gading yang tak retak, dalam setiap kegiatan yang telah terlaksa pastinya ada kekurangan dan kendala yang dihadapi. Semoga kegiatan pesantren ramadhan virtual yang telah selesai dilaksanakan ini semakin menambah iman dan takwa kita khususnya di bulan mulia ini. (Red. Tim Keagamaan)

 

Bagikan :

Komentar

Tambah Komentar (0)

Batal

Balas Komentar

Komentar Berhasil diterbitkan
Komentar tidak dapat diterbitkan Silakan coba lagi..!
Alamat email yang anda masukkan salah..!
Alamat web yang anda masukkan salah..!
Kode Captcha yang anda masukkan salah...!
Bidang tidak boleh ada yang kosong....!