Selamat datang di SMA Islam PB Soedirman 2 Bekasi

Memaksimalkan Potensi Generasi Muda

 

Memaksimalkan Potensi Generasi Muda dengan Teknologi untuk Kemajuan Bangsa Indonesia

Oleh Sulthan Syarif Bahrul Ulum

Sejak zaman dahulu, teknologi terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Adanya Inovasi teknologi, didorong oleh kebutuhan manusia untuk mencapai suatu tujuan. Seperti, dalam melakukan kegiatan sehari-hari agar lebih efisien. Yang dahulu hanya berawal dari tombak, pisau, dan kapak yang digunakan untuk bertahan hidup. Hingga saat ini, adanya teknologi komunikasi informasi yang berhubungan dan berpengaruh ke berbagai macam bidang teknologi.

Teknologi komunikasi informasi, berpotensi memberikan dampak besar jika dimanfaatkan untuk kemajuan bangsa. Perlu diketahui, penggunaan media sosial menjadi hal yang paling diminati dalam teknologi komunikasi informasi saat ini. Tercatat dalam data pada tahun 2020, mayoritas pengguna media sosial terbanyak saat ini, terdapat pada rentang usia 25-34 tahun dan terbanyak kedua pada usai 18-24 tahun. Namun sayangnya saat ini masih banyak pemuda yang kurang bijak dalam menggunakan media sosial, seperti kurangnya kemampuan memfilterasi informasi yang didapat, penyebaran hoax, hingga adanya tindakan eksploitasi manusia yang bahkan jarang kita sadari. Sedangkan mereka merupakan generasi penerus bangsa, yang akan sangat berpengaruh dalam kemajuan Indonesia dimasa depan.

Sedangkan, jika Teknologi komunikasi informasi diinterpletasikan dalam bidang Pendidikan, potensinya pun akan semakin besar. Seperti pada saat ini, adanya platform bimbingan belajar online yang dapat diakses banyak orang, sehingga siapapun dapat melakukan pembelajaran dimanapun dan kapanpun. Dilansir dari CNN, startup pendidikan digital, Ruangguru mencatat peningkatan pengguna lebih dari 10 kali lipat sejak 2016. Per Oktober 2018 pengguna Ruangguru diklaim telah mencapai 13 juta orang. Adapun salah satu platform komunikasi dan kolaborasi terpadu seperti Microsoft Teams yang menggabungkan fitur percakapan kerja, rapat video, penyimpanan berkas, dan integrasi aplikasi. Hal ini dapat mendukung jalannya kegiatan belajar mengajar ataupun pekerjaan seperti di sekolah, universitas, hingga kantor swasta atau bahkan instansi pemerintahan dan lainnya.

Oleh karena itu saya Sulthan Syarif Bahrul Ulum. Ingin membangkitkan kesadaran generasi muda bahwasannya, kita dapat berpartisipasi untuk memajukan bangsa dengan potensi generasi muda yang dimaksimalkan melalui kemajuan teknologi saat ini. Maka dapat disimpukan, bahwa dengan platform media sosial yang begitu mudah diterima banyak orang, dipadukan dengan edukasi, dapat memaksimalkan potensi generasi muda melalui teknologi untuk kemajuan bangsa. Karena sekecil apapun usaha untuk kebaikan akan memberikan dampak baik di masa depan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan :

Komentar

Tambah Komentar (0)

Batal

Balas Komentar

Komentar Berhasil diterbitkan
Komentar tidak dapat diterbitkan Silakan coba lagi..!
Alamat email yang anda masukkan salah..!
Alamat web yang anda masukkan salah..!
Kode Captcha yang anda masukkan salah...!
Bidang tidak boleh ada yang kosong....!